Saturday, June 29, 2019

Pengertian Dan Makna Beriman Kepada Kitab Allah

Iman secara bahasa adalah percaya, sedangkan menurut istilah iman adalah kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diungkapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Kitab Allah merupakan kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para Rasul dan Nabi sebagai pedoman dalam menjalani hidup didunia. Jadi, beriman kepada kitab-kitab Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Nabi dan Rasul-Nya yang berfungsi sebagai pedoman hidup (Way Of Life) bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia, agar mereka memperoleh kebahagiaan didunia dan di akhirat.

Dari pengertian diatas  dapat disimpulkan bahwa beriman kepada kitab-kitab Allah adalah kepercayaan yang pasti bahwasanya Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya untuk disampaikan kepada para hamba-Nya. Dalam kitab-kitab tersebut terdapat kebenaran, cahaya, dan petunjuk bagi manusia. Baik di dunia maupun di akhirat.

Firman Allah SWT :
يَاَيُّهَاالَّذيْنَ اَمَنُوْآاَمِنُوْابِااللهِ وَرَسُوْلِهِ وَالْكِتَبِ الَّذِيْ نَزَّل عَلَى رَسُوْلِهِ وَالْكِتَبِ الَّذِىْ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَن يَّكْفُرْ بِا للهِ وَمَلَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَومِ الأَخِرِ فَقَضْ ضَلَّ ضَلَلاً بَعِيْدًا
Artinya :
" Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh. " (Q.S An-Nisa[4] : 136)

Kitab-kitab yang dimaksud dalam ayat diatas berisi peraturan, ketentuan, perintah, dan larangan yang dijadikan pedoman bagi umat manusia dalam menjalankan kehidupan agar tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Kitab-kitab Allah SWT diturunkan pada masa yang berlainan. Namun, di dalamnya terkandung ajaran pokok yang sama, yaitu ajaran tauhid atau ajaran tentang ke-Esa an Allah SWT... Kandungan yang berbeda hanyalah dalam syari'at yang disesuaikan dengan zaman dan keadaaan umat pada waktu itu.

Iman kepada kitab yang diturunkan Allah merupakan salah satu landasan iman dan merupakan rukun iman yang ketiga. Iman yang dimaksud adalah pembenaran yang disertai keyakinan bahwa kitab-kitab Allah benar. Kitab-kitab tersebut merupakan kalam Allah yang didalamnya terdapat petunjuk dan cahayanya kepada umat-Nya.

0 comments

Post a Comment